Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inovasi Unik Berasal dari Kotoran Gajah - Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor berhasil membuat inovasi unik yang berasal dari kotoran GajahKebersihan kandang adalah salah satu faktor yang selalu dijaga di Taman Safari Bogor. Pihak Taman Safari Bogor juga berusaha memanfaatkan limbah kotoran hewan agar tidak mencemari lingkungan. Menariknya, Taman Safari Bogor punya cara unik untuk mengolah limbah kotoran hewan dalam hal ini kotoran gajah. Mereka mengolah kotoran gajah menjadi aneka jenis kerajinan dan barang bermutu.

Produk Inovasi dari Kotoran Gajah - Taman Safari Bogor

Jika biasanya limbah kotoran hewan hanya diolah menjadi kompos, Taman Safari Bogor bisa mengolahnya menjadi buku. Hal ini diungkapkan noleh Emeraldo selaku GM Taman Safari Bogor. Inovasi yang dibuat oleh Taman Safari Bogor ini bertujuan untuk menjaga kelestarian alam. Serta untuk menyambung rantai ekonomi baru yang pastinya sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Sementara baru kotoran Gajah, Poo paper dan composting dari kotoran gajah sumatera ini kami dirikan untuk memanfaatkan sekecil apa pun kotoran satwa Kedepammya Taman Safari Bogor juga akan menggalang kerjsama dengan Greenprosa untuk mengolah limbang organik dan anorganik jur Emeraldo.

Baca juga: SORTOTO

Untuk menyulap kotoran gajah sumatera menjadi kertas berbentuk note book dibutuhkan waktu sekitar tiga hari saja. Sementara untuk mengolah menjadi kompos membutuhkan waktu sekurangnya tiga bulan.dan untuk, pemesan kompos juga berdatangan dari beragam daerah, Jabodetabek hingga luar Pulau Jawa. Sementara note book dari poo paper bisa dibeli di area stand souvenir Taman Safari Bogor, Ujar beliu juga.

Untuk hargapun beraneka ragam, Untuk sebuah note book dari kotoran gajah misalmnya dibanderol seharga Rp35 ribu per unit. Sedangkan, pupuk kompos dari kotoran gajah dibanderol Rp 3 ribu per kilo gram atau Rp 15 ribu per bungkus.

Baca juga: Tempat Wisata Kuliner di Kota Bogor

Lokasi Pengolahan Limbah Gajah

Inovasi mengolah kotoran gajah menjadi buku ini ternyata sudah berjalan sejak 2012 silam di Taman Safari Bogor. Sementara untuk pembuatan pupuk kompos dijalankan mulai medio 1990. Dan lokasi pengolahan kotoran gajah ini berada di area dalam Taman Safari Bogor. Bagi Sahabat Satwa yang ingin belajar bagaimana cara pengolahan kotoran gajah menjadi kertas bisa berkunjung ke Taman Safari Bogor. Bagi sahabatInfo Bogor, silakan berkunjung ke Taman Safari ya, berlibur sambil belajar.

Posting Komentar untuk "Inovasi Unik Berasal dari Kotoran Gajah - Taman Safari Bogor"