Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Tempat Pemandian Air Panas Di Bogor

1.  Pondok Wisata Ciparay Endah

Sebelum memasuki kawasan wisata Ciparay, kita harus menapaki sekitar 200 anak tangga. karena kawasan ini berada di sebuah lembah di mana di dasar lembah itu mengalir Sungai Cikuluwung memiliki air yang masih jernih, dingin dan sejuk. Dinding-dinding lembah itu adalah kaki Gunung Salak. Kondisi jalan setapak selebar dua meter itu cukup bagus, namun ada beberapa tapak yang berlumut. Oleh karenanya pengunjung tetap harus berhati-hati karena tebingnya cukup curam dan berbelok-belok, di sisi kiri terdapat jurang. Apalagi pagar besi untuk berpegangan tidak tepat berada di sisi jalan setapak tersebut. Dengan demikian, agak sulit untuk diandalkan oleh para pengunjung untuk jadi alat berpegangan saat menapaki jalan. Rata-rata pengunjung yang datang berasal dari kawasan jabodetabek. Jika hari-hari biasa bisa mencapai 50 orang, sementara weekend atau hari libur biasanya sampai mencapai 250 pengunjung.

Suasana Air Panas Gunung Salak Endah, Ciparay Bogor

Di tempat ini terdapat beberapa bak berendam di beberapa kamar. Selain itu, air panas juga dialirkan ke delapan pancuran di pinggir Sungai Cikuluwung. Satu pancuran air panas malah berada di ”dinding”  tepi sungai. Para pengunjung setelah bermain air sepuasnya di sungai tersebut bisa segera membilas tubuhnya di bawah pancuran air hangat ataupun sebaliknya. Konon air yang mengalir di sungai memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit, seperti panu, gatal-gatal dan rematik. Oleh karena itu tak jarang banyak pengunjung yang datang untuk mengobati berbagai penyakit yang diderita. Warung-warung yang terdapat di sekitar kawasan juga bisa menjadi pilihan bagi pengunjung untuk bersantai sejenak menikmati pemandangan alam Ciparay.

Pengunjung yang datang ke kawasan ini juga seringkali diberikan peringatan agar berhati-hati saat berada dikawasan, terutama di sungai. Sebab, dikhatirkan terjadi hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan pengunjung seperti naiknya air sungai saat hujan lebat, badai dll. Pihak pengelola juga menyediakan 3 orang petugas di sekitar kawasan untuk berjaga-jaga apabila sesuatu hal buruk menimpa pengunjung.

Sampai saat ini belum ada rencana penambahan fasilitas di kawasan ini, pihak pengelola berusaha mengoptimlakan potensi yang telah ada. Harapannya, mudah-mudahan adanya kepedulian pemerintah daerah maupun pusat dalam perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana mengingat kawasan ini memiliki potensi yang besar untuk dijadikan kawasan wisata.

Pondok Wisata Ciparay Endah terletak di Kawasan Wisata Gunung Salak Endah. Tempat wisata yang terdapat di Kawasan Wisata Gunung Salak Endah:
  • Air Terjun (Curug). Curug Cigamea, Curug Seribu, Curug Ngumpet.
  • Air Panas Ciparay yang berlokasi dekat sungai Cikuluwung yang yang masih jernih dan pemandangan alamnya yang sangat alami. Di tempat ini para wisatawan dapat menikmati mandi dengan air panas alami.
  • Perkemahan Pasir Reungit, tempat ini dikelilingi dengan pohon pinus yang sangat rindang.
  • Objek Wisata Kawah Ratu

Fasilitas Pondok Wisata Ciparay Endah

Pondok Wisata Ciparay Endah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti:
  • Ruang Pertemuan
  • Karaoke
  • Kolam Renang
  • Api Unggun
  • Camping Ground
  • Tenis Meja
  • Billiard
  • Lapangan Bulutangkis
  • Kolam Pancing
  • Lapangan Bermain
  • Kafetaria
  • Wartel
  • Mushola

Daftar fFasilitas dan Harga di Pondok Wisata Ciparay Endah

PondokanPinus 18 kamar +- 97
Kecubung 9 kamar 45 orang
Teratai 8 kmr 24 orng

Villa 1 KamarBougenvill Kapasitas 8 Orang
Vempaka Kapasitas 8 Orang
Bambu Kapasitas 8 Orang

Villa 2 KamarPalem Kapasitas 12 orng
Kenangga Kapasitas 12 orng
Flamboyan Kapasitas10 orn

Villa 3 KamarAlamanda Kapasitas 20 orng
Kemuning Kapasitas 25 orng
kapas Kapasitas 15 orng

Villa 4 KamarMelati Kapasitas 25
Anggrek Kapasitas 30

Sebelum menginap di Pondok Ciparay Endah di harapkan untuk melakukan survey ke lokasi demi kenyamanan bersama.

KAPASITAS KAMAR & DAFTAR HARGA UNTUK ROMBONGAN :

PONDOK PINUS2 kamar @ 3orang
1 kamar @ 5 orang
14 kamar @ 5 -7 orang
Kapasitas untuk 117 Orang
PONDOK TERATAI
8 kamar @ 3 orang = 24 orang
PONDOK KECUBUNG
9 kamar @ 5 orang = 45 orang

HARGA :
Untuk menginap di Pondok minimal 35 orang untuk rombongan Kantor, Anak Sekolah Dll(Kapasitas total s/d 350 orang) Rp. 150.000,- /orang/malam Harga ini sudah termasuk 3 kali makan & 2 kali snack.

Pemakaian Aula dikenakan biaya per hari Rp. 200.000,- s/d Rp. 300.000,-

DAFTAR HARGA VILLA UNTUK PERORANGAN :

VILLA PONDOK ANGGREKJumlah Kamar: 4 kamar
Harga: Rp. 1.900.000,-
VILLA PONDOK PALEMJumlah Kamar: 3 kamar
Harga: Rp. 800.000,-
VILLA PONDOK KENANGAJumlah Kamar: 2 kamar
Harga: Rp. 900.000,-
VILLA PONDOK MELATIJumlah Kamar: 2 kamar
Rp. 1.1750.000,-
VILLA PONDOK KAPASJumlah Kamar: 3 kamar
Harga: Rp. 1.500.000,-
VILLA PONDOK KEMUNINGJumlah Kamar: 3 kamar
Harga: Rp. 1.500.000,-
SAUNG BAMBU CIPARAY ENDAHJumlah Kamar: 1 Kamar
Harga: Rp. 700.000,-
VILLA PONDOK AlamandaJumlah Kamar: 3 Kamar
Harga: Rp. 1.500.000,-
VILLA PONDOK FlamboyanHarga: Rp. 1.000.000,-
VILLA PONDOK Cempaka
Harga: Rp. 700.000,-
VILLA PONDOK BougenvilleHarga: Rp. 700.000,-

Untuk Penyewa Villa Belum termasuk biaya makan Rp. 100.000 /orang , Minimal di atas 30 orang. ( 3 x makan dan 2 x snack) Untuk Penambahan Extra Bed Rp. 15.000 /buah. Setiap villa dilengkapi TV+Saluran Parabola dan Dapur Lengkap.

Setiap rombongan dikenakan biaya Babinsa & Keamanan Lingkungan Rp. 100.000,- /Rombongan

2.  Objek Wisata Air Panas Gunung Pancar

Objek Wisata Alam Indonesia ini terletak di Desa Karang tengah, kecamatan Babakan Madang, Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk mencapai Objek Wisata Air Panas Gunung Pancar dapat ditempuh dari dua arah. Pertama, Dengan lewat pintu tol Sentul menuju Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah dengan waktu tempuh selama setengah jam. Kedua, melalui kota Bogor, melewati Bogor Baru, lalu sampai di Desa Karang Tengah. Waktu tempuhnya hanya sekitar 1 jam.

Objek Wisata Air Panas Gunung Pancar

Tiket masuk Objek Wisata Air Panas Gunung Pancar ini adalah Rp 1.000,-/orang. Jika Anda membawa mobil akan dikenakan tarif Rp 2.000,-, motor Rp 1.000,-, dan untuk sepeda gunung Rp 500,-. Tarif inilah yang penulis dapatkan saat berkunjung ke Objek Wisata Air Panas Gunung Pancar Bogor awal tahun 2013 ini.

Hutan pinus merupakan panorama yang akan Anda selama menuju lokasi Objek Wisata Air Panas Gunung Pancar. Kesejukan pun tercipta dari barisan pepohonan hijau tersebut. Sesampainya di lokasi pemandian, Anda harus kembali membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00/orang dan tarif untuk mobil Rp10,000,00.

Air panas yang terdapat di Objek Wisata Air Panas Gunung Pancar mengandung zat mineral (bukan belerang) yang baik untuk mengeluarkan racun atau lemak berlebihan dalam tubuh, melancarkan peredaran darah melalui cairan keringat, dan menormalkan sistem saraf.

Untuk dapat menikmati air panas yang ada di Objek Wisata Air Panas Gunung Pancar, Anda harus kembali membayar yaitu orang dewasa sebesar Rp20.000,00 dan anak-anak Rp 10.000,-. Air panas telah dialirkan melalui pipa ke dalam kolam khusus pria, khusus wanita, dan khusus anak-anak.

Untuk tempat penginapan, Anda bisa menyewa kamar di Giritirta Hot Spring Report & Spa. Sumber air panas Giritirta terisolasi di tengah Gunung Pancar. Tempat ini berkonsep alam dan cocok bagi Anda yang ingin sejenak melupakan suasana kota. Tersedia pilihan, baik kamar mapun villa. Tarifnya bervariasi, mulai dari Rp 700.000,- sampai Rp 2.000.000,-/malam. Giritirta juga menyediakan perawatan kebugaran dan kecantikan sampai berendam di kolam terbuka, namun VIP, tarifnya Rp 50.000,-/jam. Setelah puas berendam, Anda bisa membasuh tubuh dengan air pancuran yang dingin. Semuanya bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke Objek Wisata Air Panas Gunung Pancar Bogor.

Demikianlah artikel tentang Objek Wisata Alam Indonesia berupa Wisata Air Panas Gunung Pancar Bogor pada kesempatan kali ini. Simak juga Artikel wisata air panas sebelumnya tentang Objek Wisata Air Panas Cisolok Sukabumi. Semoga salah satunya bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda!

3. Pemandian Air Panas Tirta Sanita

Salah satu tempat wisata alam di Bogor adalah pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng yang ada di area gunung kapur wilayah Parung, Bogor. Pemandian air panas ini terletak tidak jauh dari kota Jakarta yang merupakan kota terpadat di Indonesia. Karena letaknya yang hanya memerlukan waktu kurang dari 2 jam dari Jakarta, Tirta Sanita Ciseeng merupakan tempat wisata yang pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun orang terkasih.

Suasana Air Panas Tirta Sanita, Ciseeng

Kolam Air Panas Tirta Sanita Ciseeng terletak di Jalan Cogreg, Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor. Pemandian air panas ini berjarak sekitar 50 km dari kota Jakarta atau 1,5 jam perjalanan dengan mobil. Berdasarkan penelitan TEMAC Thai Engineering Materials Analysis, C. Ltd., air panas di Tirta Sanita Ciseeng berasal dari gunung kapur yang mengandung belerang alami dan bermanfaat untuk mengobati penyakit tulang maupun kulit. Selain itu, air panas di Tirta Sanita Ciseeng juga mengandung garam yang dapat membuat kulit menjadi semakin mulus setelah berendam.

Outbound Tirta Sanita Ciseeng

Tirta Sanita Ciseeng tidak hanya menawarkan wisata pemandian air panas saja, namun juga area outbound dan penginapan sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan tempat wisata seluas 8 hektar ini. Selayaknya daerah pegunungan, tempat wisata Tirta Sanita Ciseeng ini mempunyai pemandangan yang asri dan sejuk. Hal ini dapat dirasakan ketika Anda memasuki gerbang utama pemandian, di sana Anda akan menyaksikan deretan pohon palem raja yang tertata rapi di sisi kiri dan kanan. Di samping pohon palem raja tersebut terdapat area bermain anak, dan jika Anda menelusuri lebih jauh ke dalam, maka akan ada kios-kios penjual ikan cupang (Betta Splendens) yang dikemas dalam botol plastik.
Batu Belerang Tirta Sanita Ciseeng

Batu Belerang Tirta Sanita Ciseeng

Ketika sampai di bagian utama yang merupakan inti dari pemandian Tirta Sanita Ciseeng, Anda akan menemukan batu berukuran besar yang telah berubah warna menjadi putih karena kandungan belerang yang ada di gunung kapur ini. Jika Anda naik sedikit ke atas, Anda akan melihat kolam air panas berwarna putih kehijauan. Kolam air panas ini digunakan untuk pemandian terbuka yang dipakai beramai-ramai. Di sini, Anda juga akan menyaksikan pemandangan seperti gunung salju karena puncaknya tertutup endapan kapur yang berwarna putih sehingga menyerupai salju. Berhati-hatilah saat menaiki tangga karena beberapa anak tangga sudah mulai rusak.
 
Selain pemandian terbuka, Tirta Sanita Ciseeng juga menyediakan pemandian tertutup yang berupa bilik-bilik. Pemandian tertutup yang terbagi menjadi kelas biasa dan VIP ini hanya bisa digunakan oleh 1 orang per biliknya, tidak bisa lebih meskipun itu adalah pasangan suami istri. Untuk dapat mengakses pemandian tertutup kelas VIP, Anda akan melewati jembatan serta wahana permainan flying fox. Pemandian kelas VIP ini terletak di kolam yang asri, di mana di tengah kolam terdapat tanaman teratai merah.

Selain pemandian air panas, Tirta Sanita Ciseeng juga menyediakan tempat outbound. Di sini ada banyak wahana permainan seperti high rope, bola air, flying fox, fun kart, motor cross, sepeda air, monorel, fancy trans, motor ATV, paintball, rumah balon, pesawat, bombom car, kolam renang anak-anak, dan terapi ikan. Selain itu, juga disediakan lapangan utama dan gedung serbaguna yang sering digunakan untuk mengadakan konser artis dari ibukota pada saat akhir pekan.
 

Transportasi

Untuk mengakses pemandian ini, dapat ditempuh melalui:
  • Jalur Bogor – Jampang hingga ke perempatan Ciseeng, kemudian ambil jalan lurus ke gunung kapur.
  • Dari Bogor menuju Pasar Parung – Bojong Indah, kemudian ambil jalan ke kiri menuju gunung kapur.
  • Dari Jakarta, jalan menuju Tirta Sanita sebaiknya melalui tol Pondok Indah – Serpong kemudian melewati Muncul / Puspitek sampai ke perempatan Pasar Prungpung dan ambil jalan lurus kurang lebih 4 km menuju lokasi yang berada di kiri jalan.
  • Dari Pasar Ciputat, Jakarta menuju ke Parung kemudian ambil jalan belok ke kanan menuju Ciseeng.
  • Jika tidak melalui tol, dari Jakarta menuju Tirta Sanita Ciseeng dapat diakses dari Lebak Bulus – Pondok Cabe – Parung – belok kanan menuju Ciseeng.
  • Dari Depok ke Sawangan menuju Pasar Parung kemudian lurus ke gunung kapur.
  • Dari Tangerang menuju Serpong kemudian Puspitek – Pasar Prumpung lalu lurus ke arah gunung kapur.

Jika menggunakan transportasi umum, gunakan angkot D-29 dari Ciputat yang menuju Parung, kemudian berhenti di pertigaan menuju Ciseeng (Anda dapat bertanya kepada sopir angkot jika tidak tahu), dan naik angkot lagi jurusan Ciseeng – Muncul (semua angkot menuju pemandian air panas Tirta Sanita) atau naik ojek menuju Tirta Sanita Ciseeng.

Baca juga : Rute -  Rute Trayek Angkot Bogor
 

Tiket Masuk Kolam Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Harga tiket masuk pemandian Tirta Sanita adalah 12.000 Rupiah (hari libur) dan 10.000 Rupiah (hari biasa) untuk dewasa, dan 8.000 Rupiah untuk anak di hari biasa maupun di hari libur. Tarif parkir adalah 3.000 Rupiah untuk motor, 5.000 Rupiah untuk mobil, dan 10.000 Rupiah untuk bus. Namun Anda harus berhati-hati, karena terkadang ada penjual tiket liar yang menjual tiket seharga 40.000 Rupiah. Biasanya penjual tiket liar ini berada di pintu masuk non-resmi Tirta Sanita.Untuk kolam rendam, dikenakan tarif 5.000 Rupiah per orangnya. Sedangkan untuk dapat masuk ke pemandian tertutup, Anda akan dikenakan tarif lagi yaitu 15.000 Rupiah untuk VIP dan 10.000 Rupiah untuk pemandian biasa dengan waktu 20 menit berendam per orangnya.

Tarif wahana outbound berkisar antara 25.000 Rupiah sampai dengan 35.000 Rupiah, tergantung jenis wahananya. Sedangkan untuk permainan, tarifnya antara 5.000 Rupiah hingga 50.000 Rupiah per permainan.

PENGINAPAN

Tirta Sanita menyediakan pesanggrahan sebagai tempat menginap, dengan tarif 130.000 Rupiah – 150.000 Rupiah untuk 6 jam, dan 170.000 Rupiah – 200.000 Rupiah per malam untuk dua orang dalam setiap kamar.

Jam buka Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng adalah 07.00 – 20.00 WIB.

Posting Komentar untuk "Beberapa Tempat Pemandian Air Panas Di Bogor"